Beragam Pasar Unik di Purwokerto yang Wajib Dikunjungi

Beragam Pasar Unik di Purwokerto – Pasar merupakan tempat transaksi (jual beli) antara pedagang dan pembeli. Semua orang pasti pernah pergi ke pasar. Kebanyakan pasar biasanya menyediakan beragam kebutuhan pokok sehari hari dari mulai sayur, jajanan, dan masih banyak lagi.

Namun, siapa sangka di Purwokerto Jawa Tengah ada berbagai macam pasar yang unik. Kenapa dikatakan unik? beragam pasar disebut unik karena hanya menjual satu jenis barang saja. Selain itu, ada banyak pasar-pasar unik lainnya di Purwokerto. Apa saja beragam pasar unik tersebut? ini dia.

Berbagai Macam Pasar Unik di Purwokerto, Jawa Tengah

1. Pasar Ikan Hias Mina Restu

Dari namanya, pasar Ikan Hias Mina Restu merupakan pasar khusus untuk menyediakan aneka ikan hias. Pasar ini terletak di Jl. Brigjend. Encung, Karangjambu, Purwanegara, Kec. Purwokerto Utara, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Letaknya berada persis di perempatan karang jambu dan dekat dengan alun-alun Purwokerto sehingga mudah untuk dijumpai.

Di Pasar Ikan Hias Mina Restu banyak dijumpai aneka ragam ikan hias baik dari air tawar maupun air laut. Selain ikan yang dijual, pasar ini menawarkan berbagai peralatan dan kebutuhan untuk ikan hias. Berbagai macam perlengkapan dijual disini mulai dari menjual peralatan aquascape, pupuk organik untuk akuarium, pakan ikan, hiasan akuarium dan masih banyak lainnya. Pasar ini buka dari jam 07.00 WIB dan tutup sekira jam 21.00 WIB, jadi kalian yang ingin mencari ikan hias boleh mampir di pasar ikan hias Mina Restu.

2. Pasar Kuna Lereng

Pasar kuna Lereng merupakan pasar yang mempunyai konsep zaman dulu. Para Pengunjung akan di bawa seolah sedang berada di suasana pasar masa lampau. Pasar ini terletak di Dusun II Petir Kalibagor Banyumas. Pasar ini hanya buka tiap hari minggu saja dari jam 07.00 WIB hingga pukul 13.00 WIB.

Semua struktur bangunan terbuat dari bambu dan kayu serta atapnya terbuat dari daun kelapa. Di pasar ini disediakan aneka makanan, minuman dan kerajinan jaman dulu. Contohnya pecel, kraca, ramesan, mendoan, clorot, dan masih banyak lainnya. Biasanya makanan yang dijual di Pasar Kuna Lereng dibungkus menggunakan daun pisang.

Yang unik di pasar ini adalah cara pembayarannya yang menggunakan batok kelapa bulat yang dihaluskan yang dinamakan kepeng. Pengunjung membeli makanan dan minuman dengan menggunakan kepeng. 1 kepeng bisa di dapatkan dengan menukar Rp 2 ribu.

3. Pasar Serayu Stone

Serayu Stone Purwokerto berada di Jl. Jend. Soedirman Jl. Kauman Lama No.724, Kauman Lama, Purwokerto Wetan, Kec. Purwokerto Timur, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Bagi peminat batu akik pasar ini wajib kalian kunjungi. Pasar ini memiliki konsep sebagai tempat untuk berjualan khususnya batu akik,barang antik dan barang unik. Tidak banyak yang hanya melihat-lihat saja dan tidak banyak juga yang bertransaksi.

Di Pasar Serayu Stone juga banyak pengunjung pecinta barang-barang antik. Mereka biasanya mencari seperti pusaka keris,aneka barang kuna dan aneka barang antik lainnya. Uang logam lama juga ada di pasar ini. Ada juga yang menjual kudi kuna yaitu senjata khas banyumas.

4. Pasar Manis

Manis yang dimaksud bukan manis rasa melainkan manis dari penanggalan jawa. Pasar ini terletak di Pesayangan, Pasar manis, Kec. Purwokerto Barat, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Pasar ini mendapat penghargaan untuk pengelolaan pasar rakyat atau tradisional terbaik di Indonesia.

Jika kalian datang ke pasar ini, kalian akan merasakan perbedaan yang luar biasa dengan pasar-pasar tradisional lainnya. Pasar ini sangat bersih dan sangat rapi,penataan pedagang di buat zonasi. Di pasar ini juga terdapat seperti aula pertemuan dan fasilitasnya sudah mendukung kaum disabilitas. Yang unik di depan pasar terdapat patung yang lihat cukup besar.

5. Pasar Burung Peksi Bacingah

Pasar ini terletak di Karangbawang, Purwokerto Kulon, Kecamatan Purwokerto Selatan, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Tepatnya, berada di dekat cafe #WKWK. Letaknya yang strategis membuat pasar ini mudah untuk dicapai. Pasar Burung ini memang tidak terlalu besar. Namun, tidak menutup kemungkinan pasar ini akan bertambah luas.

Seperti namanya pasar ini menjual berbagai jenis burung yang berkualitas contohnya burung peksi. Di pasar ini tidak hanya menjual burung asaja tetapi juga menjual peralatan dan pakannya. Pasar ini cocok untuk kalian pecinta burung yang berada di sekitar daerah purwokerto bisa mengunjungi pasar ini karena sangat rekomended.

6. Pasar Hewan Sokaraja

Selain Gethuk Goreng Sokaraja juga terkenal dengan pasar hewannya. Pasar ini terdapat di Dusun I Sokaraja Kidul, Sokaraja Kidul, Kec. Sokaraja, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Pasar ini cukup ramai, baik pengunjung dan penjual mereka berasal dari wilayah eks Karesidenan Banyumas (Banyumas, Cilacap, Purbalingga dan Banjarnegara). Pasar hewan memang menjual berbagai hewan, namun yang mendominasi adalah hewan sapi dan kerbau. Yang unik di Pasar Hewan Sokaraja terkadang ada pedagang yang menjual burung elang.

Itu dia berbagai macam pasar unik yang ada di Purwokerto, Jawa Tengah. Dari keenam pasa tersebut, mana yang paling menarik menurut kalian?

Tinggalkan komentar